17 Maret 2017

Workshop Jarlitbang Kaji Peningkatan Mutu dan Kualitas Pendidikan


PADANG, (GemaMedianet.com) – Pemerintah Kota Padang melalui Bappeda menggelar Workshop Jaringan Penelitian dan Pengembangan (Jarlitbang) Pendidikan Kota Padang di tahun 2017 dengan mengangkat tema “Kajian peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan kompetensi guru yang berkelanjutan”. 

Kegiatan tersebut dibuka Walikota yang diwakili Asisten II Bidang Ekbang Kesra, Hermen Peri dengan diikuti Kepala Sekolah tingkat SMP, SD, TK serta Kepala UPTD se-Kota Padang. 

Hermen mengatakan, melalui workshop Jarlitbang pendidikan ini mengharapkan semua peserta bisa mengambil ilmu dan pengalaman dari nara sumber di samping mendiskusikan isu-isu aktual demi kemajuan dan perkembangan pendidikan di Kota Padang.

“Semoga, melalui forum pertemuan ini semakin meningkatkan mutu dan kualitas proses pendidikan kita di Kota Padang ke depan,” ujarnya sewaktu membuka kegiatan yang dilangsungkan di Hotel Pangeran, Kamis (16/3/2017) itu. 

Hermen menyebutkan, workshop Jarlitbang Pendidikan penting dilakukan sebagai wadah berhimpunnya para praktisi maupun pemerhati yang membahas kemajuan dan fenomena dalam dunia pendidikan.

“Kegiatan ini diharapkan, juga dapat mengungkapkan berbagai permasalahan yang terjadi serta upaya strategi kebijakan yang perlu ditangani dalam peningkatan pendidikan ke depan. Baik dari segi peningkatan mutu pendidikan, sarana dan prasarana, kualitas SDM maupun kualitas pendidikan itu sendiri,” tuturnya. 

Sementara itu Ketua Dewan Pendidikan Kota Padang, M. Nur Amin berpendapat, dalam workshop Jarlitbang pendidikan tersebut ada beberapa hal yang sangat penting dibahas. Yaitunya khusus bagi seorang guru itu diwajibkan harus memegang 4 kompetensi yakni pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.

“Dengan memegang 4 kompetensi, berarti guru itu sudah dinyatakan layak sebagai pengajar dan pendidik. Sehingga, manfaat seorang guru di dalam lokal betul-betul dirasakan peserta didik dan proses pembelajaran betul-betul optimal,” tukasnya. 

Kepala Bidang Sosial Perencanaan dan Kebudayaan Bappeda Padang, Hermansyah selaku panitia pelaksana menyebutkan, tujuan kegiatan ini secara umum yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan insiatif sekolah dalam mengelola dan memberdayakan sumber daya manusia (SDM) yakni para guru.

Selanjutnya, kegiatan ini juga demi mengetahui kinerja pendidikan dasar antar sekolah di Padang, lalu meningkatkan kompetensi yang baik antar sekolah serta saling memberikan masukan kepada semua stakeholder pendidikan demi mengatasi kelemahan atau kekurangan dalam pelaksanaan pendidikan serta menetapkan konsep pendidikan. 

“Adapun hasil yang diharapkan dalam workshop ini yaitu, agar tersedianya laporan workshop Jarlitbang pendidikan Kota Padang 2017. Kemudian rencana kerja tindak lanjut (RKTL) bersama dalam pelaksanaan pendidikan serta mendapatkan rekomendasi kebijakan-kebijakan Jarlitbang tersebut,” sebutnya.

Dalam kegiatan itu katanya, menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Prof Ganefri, Phd (Rektor UNP), Drs Rasoki Lubis, M.Pd (Kepala LPMP Sumbar, Prof Sufiama Marsidin, M.Pd (Ketua BAN Sumbar dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius. (David/Fsl/Bst/Ir)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan