08 March 2017

Walikota Padang Diundang Khusus Hadiri KTT IORA


PADANG, (GemaMedianet.com) – Walikota Padang H.Mahyeldi Ansharullah diundang secara khusus untuk menghadiri acara puncak Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Kepala Negara yang tergabung dalam IORA (Indian Ocean Rim Assosiation) di Jakarta Convention Centre, Selasa (7/3/2017).

Kota Padang menjadi satu-satunya Pemerintah Daerah yang diundang pada acara yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo ini.

Sebanyak 15 Kepala Negara/Kepala Pemerintahan, dari 21 Negara Anggota IORA (Negara-negara yang berlokasi di lautan Hindia) hadir dalam konferensi yang pertama sejak IORA berdiri (1997) tersebut. Sebelumnya pertemuan tertinggi adalah antara Menteri-menteri Luar Negeri Negara-negara anggota IORA, seperti yang diadakan tahun lalu di Padang, diikuti 14 Menlu dari Negara-negara anggota IORA.

"Salah satu hasil konferensi di Padang itulah yang merekomendasikan, bahwa dipandang perlu adanya pertemuan yang lebih tinggi setingkat Kepala Negara Anggota IORA, seperti pada APEC (Negara-negara berada di lautan Pasifik)," kata Walikota Padang melalui pesan WhatsApp.

Baca Juga : Presiden Joko Widodo Resmikan Penyelenggaraan IORA Summit 2017  

Wako Mahyeldi mengatakan, pemerintah Kota Padang diundang karena posisinya sebagai Ketua IOLGF (Indian Ocean Local Government Forum), yaitu forum dari 70 Pemerintah Kabupaten/Kota yang lokasinya berada di pinggir Lautan Hindia, dari Propinsi Aceh sampai Propinsi Nusa Tenggara Timur.

"Kita berharap pertemuan ini akan membawa dampak positif, terutama untuk menarik investasi ke kota Padang dan Propinsi Sumbar. Karena juga ada kegiatan business meeting," sebut Mahyeldi.

Pada kesempatan itu, Walikota Padang juga ada pertemuan khusus dengan perwakilan Australia Business Council, terkait rencana kedatangan walikota Fremantle dan rombongan bisnis ke Padang bulan April yang akan datang.

Selain untuk tanda tangan Sister City antara Kota Padang dan Fremantle, juga ada pertemuan tentang peluang investasi di Kota Padang oleh pebisnis dari Fremantle.

"Semuanya akan dibungkus dalam kerangka memperkuat kerjasama IORA," tutup Wako. (DU/Tf/Yz)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge