Jumat, 31 Maret 2017

Legenda Syekh Labai Kuduang di Tanah Abai, Solsel

SOLSEL (GemaMedianet.com) -- Syekh Labai Kuduang konon adalah sosok yang pertama kali membawa Silat tradisi Minangkabau aliran Pedang Panjang ke nagari (desa adat) Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, Solok Selatan (Solsel). "Ada yang percaya beliau (Syekh Labai Kuduang.red) adalah orang yang sama dengan Syekh Burhanuddin yang di Ulakan Pariaman," kata Pegiat Silat Solsel, Rino Satria, Jumat (31/3/2017) melalui seluler.

Legenda Syekh Labai Kuduang sebagai pembawa Silat tradisi beraliran Pedang Panjang, hingga kini masih dipercaya sebagian masyarakat di sana. Bahkan, dikatakan Rino,  cerita yang beredar di tengah masyarakat. Ada seorang keturunan pewarih (guru silat Pedang Panjang) yang hingga sekarang masih hidup. "Pewarih ini yang menjelma jadi sosok Harimau. Konon yang menjadi 'penjaga' Nagari Abai," katanya.

Disinyalir, aliran silat ini terancam punah disebabkan silat tradisi ini hanya dikuasai oleh dua orang guru yang telah tua. "Kalau tidak ada dua orangtua ini, maka bisa dipastikan Silek Pedang Panjang punah," ungkapnya.

Ia menyebutkan, apabila hal ini tidak cepat ditindaklanjuti, maka ciri khas aliran Silat tradisi Solsel bisa hilang.  Sebab imbuhnya, sampai saat ini aliran Silat Pedang Panjang hanya memiliki dua orang guru dan dua murid. "Untuk yang pandai Silat ini banyak, namun hanya sekedar pandai saja tapi tidak menguasai seluruh teknik," ungkapnya, Kamis (30/3/2017).

Menurut sejarahnya, silat Pedang Panjang merupakan Silat kaum raja-raja. "Tapi seiring perkembangan zaman keberadaannya terlupakan," jelasnya.

Ia menambahkan, Pedang yang menjadi media yang digunakan dalam latihan adalah pedang asli yang digunakan kaum raja-raja di Abai dahulunya. Berukuran panjang sekitar 120-150 cm, dan serupa dengan pedang yang digunakan oleh bangsa Arab. "Pedang ini masih ada sekitar empat unit lagi, dan itu digunakan untuk latihan silat," tutupnya. (Okt/Rel)

0 komentar:

Posting Komentar

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge

** Group Media Sumbar **