26 March 2017

Solsel Bersiap Jadi Tuan Rumah Lomba Lari Jarak Jauh se-Sumbar

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Pemerintah Solok Selatan (Solsel) akan mengadakan iven olahraga lari 10 kilometer se-Sumatera Barat (Sumbar). Iven itu nantinya, peserta akan melewati kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) yang merupakan lokasi finis. Dengan mengusung tema '10K Saribu Rumah Gadang'.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solsel, Zulkarnaini didampingi Kasi Olahraga Prestasi, Mil Ulazmi, Minggu (26/3) mengatakan jika peserta akan memperebutkan total Tabanas sekitar Rp70 juta. "Peserta dibagi untuk dua kategori, yakni tingkat pelajar dan umum," katanya.

Untuk kategori umum iven melibatkan peserta putra dan putri se-Sumbar sedangkan kategori pelajar khusus untuk pelajar se-Solsel. Direncanakan, lomba lari dimulai dari Batang Limpaung, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) dan berakhir di Kawasan Saribu Rumah Gadang yang menjadi ikon Solsel.

Menurutnya, iven digelar selain mencari bibit olahrga cabang atletik yang berprestasi juga dalam upaya melakukan promosi wisata Solsel. "Peserta nantinya akan disuguhi nuansa heritage di kawasan SRG dengan mengelilingi kawasan itu," terangnya.

Iven diperkirakan akan diselenggarakan pada Juni atau September 2017. "Saat ini kita tengah melakukan upaya sosialisasi dan telah meminta dukungan pada cabang olahraga PASI Solsel," tambahnya.

Kemudian, dalam melaksanakan iven juga menghadirkan juri dari PASI Sumbar dan melibatkan PASI Solsel. "Selain itu kita juga melibatkan guru-guru olahraga," tandasnya.

Sementara, Ketua KONI Solsel, Mario Syahjohan menyambut baik iven yang akan dilaksanakan oleh Disdikpora dalam upaya memajukan olahraga di Solsel. "Kita telah mempersiapkan atlet untuk mengikuti lomba ini. Sejauh ini persiapan oleh cabor PASI Solsel, sekitar lima puluh persen," ungkapnya.

Pihaknya, menargetkan dalam iven tersebut untuk kategori umum Putra mampu meraih peringkat tiga besar. "Artinya, kita sebagai tuan rumah harus bisa mengambil medali dari perlombaan itu nantinya. Untuk kategori umum Putri kita masih melihat keunggulan dari daerah lain seperti dari kabupaten 50 kota yang atlet putrinya merupakan atlet Sea Games dan cukup bagus jadi kesempatan kita di Putra lebih berpeluang," lanjutnya.(Okt)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge