02 Maret 2017

Siap Hadapi Bencana, Pelatihan KSB Harus Berkelanjutan


PADANG, (GemaMedianet.com)— Pelatihan terhadap Kelompok Siaga Bencana (KSB) secara berkelanjutan perlu dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan mitigasi becana. Begitu juga halnya dengan program Sekolah Cerdas Bencana (SCB), juga perlu untuk digalakkan. Terutama di sekolah-sekolah yang berada di kawasan bencana.

“Yang terpenting itu adalah tumbuhnya kesadaran terhadap mitigasi dan kesiapsiagaan bencana. Maka, diperlukan pemberdayaan bagi KSB dan SCB secara berkelanjutan,” ungkap Edi Hasymi disela-sela penutup pelatihan KSB se-Kota Padang di LPMP Sumbar, komplek kampus UNP Padang, Selasa (28/2/2017).

Lebih lanjut, Kepala BPBD Kota Padang itu menjelaskan, pemberdayaan KSB dan SCB perlu difasilitasi dan didorong secara bersama dengan melibatkan seluruh pihak, termasuk kelompok masyarakat, pihak sekolah, dan swasta. Agar, program-program mitigasi bencana dan informasi tentang kebencanaan sampai ke masyarakat.

“Pelatihan ini akan terus dilakukan, agar KSB se-Kota Padang siap dalam menghadapi bencana. Dan bagi kelurahan yang belum ada KSB, harap segera segera dibentuk,” ujar Edi. 

Sementara itu, Yuliana, anggota KSB Kecamatan Padang Barat juga berharap demikian, pelatihan lanjutan perlu dilakukan agar anggota KSB benar-benar terlatih dalam menghadapi bencana, yang mana ilmu tersebut juga akan diberikan kepada masyarakat.

Di kesempatan itu, BPBD Kota Padang menyerahkan penghargaan berupa sertifikat dan uang tunai kepada 2 orang KSB yang dinilai terbaik dalam mengikuti pelatihan. KSB yang menerima penghargan itu berasal dari Kecamatan Bungus Teluk Kabung dan Kecamatan Padang Barat. (LL)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan