27 March 2017

Puluhan Ribu Bibit Tanaman Produktif Ditanam di Lambuang Bukik


PADANG, (GemaMedianet.com) – Warga dan para pemuda Batu Busuak, Kelurahan Lambuang Bikik supaya jeli melihat potensi di daerahnya sendiri. Soalnya banyak sekali lahan-lahan kosong yang tidak dimanfaatkan, sehingga ditumbuhi rerumputan yang tidak ada manfaatnya.

Hal ini disayangkan sekali, sebut Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt. Marajo, SP pada kegiatan penghijauan di hulu Batang Kuranji, Lambung Bukik, Kecamatan Pauh, Senin (27/3/2017).

"Coba lihat kenyataan ini, berapa banyak lahan-lahan yang tidak diisi dengan yang bermanfaat. Untuk itu kepada para pemuda supaya memiliki kreatifitas, tanam laham-lahan kosong menjadi lahan produktif, sehingga bisa meningkatkan perekonomian keluarga.Tanam dengan tanaman Manggis, Mangga, Jambu, Pepaya, Pisang, Sirsak serta tanaman buah-buahan lainnya. Sehingga di kemudian hari bisa memetik hasilnya. Memang tidak cepat, tapi yang jelas lahan kosong tersebut telah bermanfaat," ucap Walikota Mahyeldi.

Tanaman buah-buahan tersebut setelah ditanam, tak terasa membesar dan akhirnya berbuah seperti Manggis cukup mahal, termasuk kulitnya dan buah-buhan yang lainnya bisa di jual di pasar bandar Buek. Untuk itu jadikanlah lahan kosong tersebut menjadi lahan produktif.

Sementara Ketua Yayasan Hutan Lestari Indonesia (YHLI), Ardedi Tanjung menyampaikan, kegiatan penghijauan di hulu Batang Kuranji, Lambung Bukik, Kecamatan Pauh, merupakan program kerja tahun 2017, secara bertahap dan berkelanjutan. Untuk tahap pertama menanam 10.000 pohon pelindung dan buah-buahan.

Bibit tanaman tersebut ditanam dilahan kosong kelurahan Lambung Bukik. Beberapa jenis bibit pohon yang akan ditanam, 70 persen terdiri dari pohon produktif seperti Cengkeh 1000 batang, Pala 1000 batang, Durian 2000 batang, Manggis 1000 batang, Sirsak 1000 batang, Alpukat 1000 batang. (Irwan rais/Nanda)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge