Sabtu, 11 Maret 2017

Pedagang Ikuti Diklat Teknik Pengelolaan Usaha dan UKM


PADANG PANJANG, (GemaMedianet.com) – Sebanyak 55 pedagang yang berasal dari 8 pasar pembantu dan pasar raya Padang mengikuti diklat teknik pengelolaan usaha dan UKM. Diklat tersebut diadakan Pusdiklat Kementerian Perdagangan RI pada 7-9 Maret 2017 di Hotel Pangeran Beach Padang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang melalui Kabid Bina Usaha dan Pelaku Distribusi, Arliswandi mengatakan, bimtek ini bertujuan agar pedagang Kota Padang lebih menguasai teknik pelayanan pelanggan, penataan dan display produk, teknik pembukuan, tertib ukur dalam transaksi, dan tentang kewirausahaan.

Arliswandi menambahkan, untuk mencapai tujuan tersebut, diklat teknik kali ini menghadirkan sebagai pembicara, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal dengan materi kebijakan Kota Padang tentang penataan pasar. Dosen UI, Rambat Lupiyoadi tentang kewirausahaan, Direktur Eksekutif Asparido, Suhedro tentang teknik pelayanan pelanggan, Wulan Ayodya dari Pusdiklat tentang pembukuan dan pengelolaan keuangan usaha, Widyaiswara Diklat Metrologi, Djanul Arifin tentang tertib ukur dalam transaksi perdagangan.

Endrizal dikesempatan itu mengatakan, salah satu konsep penataan pasar di Kota Padang adalah penataan PKL yang dilakukan dengan cara persuasif berkelanjutan. Dengan cara diberi pengertian, pemahaman, dan solutif, tanpa ada istilah penggusuran dengan kekerasan.

"Ketika penataan pedagang dilakukan, kita selalu menyediakan tempat penampungan sebelum pedagang dipindahkan," ujar Arliswandi meneruskan penjelasan Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang.

Disamping itu, Dinas Perdagangan Kota Padang juga akan memfasilitasi UKM dari 19 Kab/Kota di Sumbar dengan menyediakan tempat promosi, yang rencananya akan ditempatkan di Pasar Raya Padang. (L)

0 komentar:

Posting Komentar

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge

** Group Media Sumbar **