Jumat, 10 Maret 2017

Masyarakat Padang Panjang Kembali Nantikan Piala Adipura


PADANG PANJANG, (GemaMedianet.com) – Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup sebagai Dinas yang bertanggung jawab atas kebersihan Kota Padang Panjang terus berupaya tingkatkan kepedulian dan rasa tanggung jawab masyarakat akan kebersihan lingkungan hidup. Sarana dan prasarana serta fasilitas kebersihan yang dapat dijumpai di seluruh bagian kota. Penyuluhan dan evaluasi berkala tentang kebersihan telah menjadi agenda tetap Dinas PKPLH.

Begitu pun Adipura, berperan penting menjadi tolak ukur dan bahan evaluasi untuk Padang Panjang lebih bersih ke depannya. Untuk itulah PKPLH targetkan raih Piala Adipura tahun 2016/2017.

Usai penilaian tahap I tahun lalu, penilaian tahap II akan dilakukan bulan ini setelah mendapatkan verifikasi tentang penilaian dari tim Provinsi Selasa (7/3/2017) lalu. PKPLH telah membentuk tim semenjak penilaian I lalu untuk monitoring titik pantau untuk penilaian agar terus berbenah hadapi penilaian.

Tempat Pembuangan Akhir tentunya jadi poin penting penilaian, juga tersedianya tempat pengumpulan sampah untuk dikelola seperti 7 Bank Sampah yang telah beroperasi. Pemanfaatan sampah organik untuk kompos di pemukiman, 25 bak kompos telah didistribusikan dilingkungan masyarakat ditambah 20 bak kompos di lingkungan sekolah. Dan tentunya harus dilengkapi dengan dokumentasi, administrasi dan data.

Selain itu pembakaran sampah menjadi point minus yang fatal. Untuk itu PKPLH menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah. Pembakaran bukan solusi, cuma akan menyebabkan polusi udara dan sangat tidak ramah lingkungan.

Sebab itulah PKPLH berharap masyarakat lebih memahami 3R, Reduce, Reuse, Recycle. Sampah organik dapat menjadi kompos, sampah plastik dan logam dapat di daur ulang. Bahkan masyarakat juga bisa menjual sampah terpilah untuk menjadi uang, jauh lebih bermanfaat daripada dibakar.

Demikian antara lain disampaikan Plt. Kadis PKPLH Delfianto, SST. MT diwakili Kasubag Umum dan Kepegawaian Drs. Febrianus yang didampingi Kasi Peningkatan Kapasitas Fitri Yenita, SH dan Staf Peningkatan Kapasitas Asrul. Kamis (9/3) di Kantor Dinas PKPLH.

 Kebersihan sebagian dari iman menjadi semboyan yang begitu familiar di kota Serambi Mekah pengoleksi Piala Adipura ini. Kota Islami nan sejuk dan bersih telah menjadi cerminan kota Padang Panjang. Hal ini tentunya terus kita jaga dan tingkatkan. Isu global warming menjadi peringatan untuk kita agar tingkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan hidup.(hms)

0 komentar:

Posting Komentar

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge

** Group Media Sumbar **