07 Maret 2017

Kanwil Kemenag Sumbar Gelar Perkemahan Pramuka Madrasah Tahun 2017


PADANG PARIAMAN, (GemaMedianet.com) – Lebih 800-an orang yang menjadi peserta Perkemahan Pramuka Madrasah tahun 2017 meramaikan Bumi Perkemahan Pramuka Indonesisch Nederlansche School (INS) Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (2/3/2017). Perkemahan berlangsung mulai tanggal 2 s/d 5 Maret 2017. 

Kegiatan yang digelar Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Barat melalui Bidang Pendidikan Madrasah tersebut sejalan dengan Kurikulum 13 yang mendukung UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Hal ini dikarenakan gerakan pramuka mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda.

Hadir dalam pembukaan, Gubernur Sumbar yang diwakili Kabag Bina Mental Karimis, Bupati Padang Pariaman yang diwakili Asisten Pemerintahan Idarussalam , Ketua DPRD Padang Pariaman Faisal Arifin, Kepala Bagian TU dan Kabid di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar, Ka.Kankemenag Kab/Kota se-Sumbar, Muspida, Ka.Kwarcab dan Polres Padang Pariaman.

Tujuan yang diinginkan adalah meningkatkan keterampilan dan ilmu pengetahuan bagi Pramuka Penggalang (MTs) dan Pramuka Penegak (MA), memupuk rasa persaudaraan dan Imtaq, memupuk rasa cinta tanah air dan mengembangkan kreatifitas siswa.

Kegiatan Perkemahan Pramuka Madrasah ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 2-5 Maret 2017. Tema yang diangkat yaitu Dengan Perkemahan Pramuka Madrasah Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017, Kita Wujudkan Siswa Madrasah Yang Berkarakter dan Berakhlakul Karimah Untuk Madrasah Lebih Baik Lebih Baik Madrasah, Bersih dan Melayani. Motto yang diangkat yaitu Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan dan Ikhlas Beramal dengan Iman dan Taqwa.

Lomba yang dipertandingkan antara lain tari kreasi tematik islami, pengibaran bendera dan PBB, penjelajahan, tahfiz, pionering rumah adat minangkabau, bercerita dengan bahasa inggris, film pendek dan kewirausahaan, dan kehidupan di perkemahan. Jumlah peserta dan pendamping yang mengikuti kegiatan ini lebih kurang 800 orang. 


Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Salman dalam sambutannya menyampaikan, Kementerian Agama Sumatera Barat mempunyai komitmen dan perhatian yang besar untuk ikut berpartisipasi dalam membentuk kepribadian generasi muda yang berkarakter melalui kegiatan kepramukaan. 

Kemenag selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.

Sementara Bupati Padang Pariaman yang diwakili Asisten Pemerintahan, Idarussalam menyampaikan, Pemerintah telah mengupayakan secara maksimal untuk pengembangan potensi tenaga pendidik dan peserta didik baik akademik maupun non akademik, terutama di bidang potensi Non Akademik siswa, dengan tetap menjadikan kegiatan kepramukaan menjadi prioritas untuk membentuk kepribadiaan siswa.

Gerakan pramuka yang diresmikan berdirinya pada tanggal 14 Agustus 1961 silam merupakan kesinambungan gerakan kepanduan nasional Indonesia yang bertujuan menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi yang dapat menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa. (rhama)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan