20 March 2017

Dahsyat, 10 Objek Wisata Solsel Diusulkan Nominasi Anugerah Pesona Indonesia

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Sepuluh objek wisata Solok Selatan (Solsel) diusulkan untuk nominasi anugerah pesona Indonesia dari 14 kategori yang diminta dinas Pariwisata Sumbar. "Untuk 4 kategori lainnya kita tidak punya sebab yang berkaitan dengan potensi wisata laut seperti berselancar dan menyelam," sebut Kepala Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata, Dinas Budaya dan Pariwisata Solsel, Yolni Hendra, Minggu (19/3/2017).

Dari 10 objek wisata Solsel yang diusulkan merupakan kategori wisata yang memiliki spesifikasi sesuai permintaan provinsi. Diantaranya, Gua batu Kapal adalah objek wisata alam sorga tersembunyi. Air terjun Kembar sebagai objek wisata bersih terpopuler. Rumah Gadang Panjang sebagai situs sejarah terpopuler dan Pangek Pisang makanan tradisional terpopuler, Batombe sebagai atraksi budaya terpopuler.

Kemudian, festival pariwisata terpopuler adalah festival Sarantau Sasurambi yang menjadi iven tahunan. Kategori dataran tinggi terpopuler adalah Puncak Bangun Rejo dan tujuan wista baru terpopuler adalah Tubing di Durian Capang Tigo. Tambo adat terpopuler adalah kawasan Saribu Rumah Gadang. "Sedangkan objek wisata unik terpopuler adalah Air terjun Malanca sebab pemandian yang alami menyatukan empat objek wisata. Yakni, pemandian, seluncur, panorama dan objek air terjun," tambahnya.

Menurutnya, di objek air terjun Malanca bisa berselancar diatas sendimen bebatuan yang memanjang bukan dilaut."Kita siap untuk memasarkan objek wisata apalagi sarana infrastruktur memadai kalau bisa pihak nagari juga menanggarkan untuk destinasi wisata unggulan dimasing-masing nagari," harapnya.

Disinggung untuk wisata pemandian air panas (HWB Sapan Maluluang) yang tidak masuk dalam usulan pihaknya mengatakan jika objek air panas tidak ada dalam kategori yang diminta pihak provinsi. 

Terkait iven tahunan balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) pihaknya berharap untuk tahun ini Solsel dilalui sebab salah satu program pihaknya dalam mempromosikan wisata Solsel. "Selain itu iven rutin di bidang kami adalah pemilihan duta wisata Uda/Uni," cetusnya.

Sementara, Bupati Solsel, H.Muzni Zakaria menyampaikan, jika Solsel memiliki potensi Pariwisata yang beragam,  seperti wisata budaya,  wisata alam,  wisata religi, wisata petualang, wisata adventure dan wisata air. Potensi tersebut,  menyebar di semua nagari. "Pemerintah daerah akan melakukan pengembangan sesuai dengan potensi yang ada di nagari tersebut," katanya.

Ia mangatakan, pihaknya utamakan potensi Pariwisata yang menjadi daya tarik wisatawan international, nasional daru wisatawan lokal. "Semua potensi Pariwisata jika dikelola dengan baik, akan menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang, apalagi Masyarakatnya welcome dengan semua tamu," tambahnya.

Ia berharap kepada semua pihak, mari kita majukan Pariwisata Solsel sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing. Lakukan promosi dengan semua media sosial yang ada. "Dengan menggunakan berbagai media yang ada untuk promosi, seperti media cetak,  elektronik, media sosial Dan lainnya kita berharap kedepannya Pariwisata solsel semakin Maju,"harapnya.

Majunya Pariwisata,  imbuhnya, akan berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat. Baik secara tak langsung Maupin langsung. Semua sektor akan berkembang,  baik transpostasi,  perdagangan,  penginapan dan lainnya yang berkaiatan dengan Pariwisata.(Okt/rel)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge