14 March 2017

BPBD Kota Padang Ciptakan Keluarga Cerdas Bencana


PADANG, (GemaMedianet.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang kembali melakukan terobosan sebagai langkah menciptakan Kota Padang cerdas bencana. Terobosan itu dengan membentuk kelompok keluarga cerdas bencana yang dilaunching, Senin (13/3) siang di Masjid Al-Kamil Kelurahan Purus, Padang Barat.

Keluarga cerdas bencana merupakan program anyar BPBD Padang sebagai bentuk mencerdaskan masyarakat di akar rumput agar melek bencana dan tidak kagok jika terjadi bencana mulai dari banjir, tanah longsor hingga gempa dan tsunami. Dalam pelaksanaannya, BPBD dibantu kelompok Kelurahan Siaga bencana (KSB) di masing-masing kelurahan dengan melakukan sosialisasi dor to dor kepada masyarakat.

“Ini merupakan kegiatan kita yang pertama. Untuk tahap awal dimulai dari kelurahan Purus Kecamatan Padang Barat yang notabene daerah zona merah. Kita berharap peran KSB dalam melakukan sosialisai kebencanaan sebagai langkah menciptakan keluarga cerdas bencana bisa terealisasi,” beber Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Padang, Edi Hasymi.

Pada sosialisasi kemarin, BPBD memberikan striker khusus yang ditempel di rumah warga yang telah dikunjungi serta meninggalkan poster yang bermaterikan seputar edukasi kebencanaan.

“Poster sengaja kita tinggalkan untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat,” tambahnya.

Edi menjelaskan, tahun ini ditargetkan sekitar 5000 Kepala Keluarga (KK) bisa dikunjungi dari total 500 ribu kepala keluarga yang tinggal di zona merah.

“Tahun ini kita mulai dulu 5000 KK. Program ini akan kita giatkan setiap tahun sehingga ditargertkan seluruh KK bijak dan cerdas ketika menghadapi bencana,” terang Kalaksa.

Lurah Kelurahan Purus, Chandra menyambut baik program yang dilakukan BPBD Padang. Menurutnya, sosisalisasi dalam mencerdaskan masyarakat tentang kebencanaan harus terus dilakukan.

“Di Kelurahan Purus terdapat 750 KK yang mendapat edukasi khusus kebencanaan. Semoga tahun depan sisanya kembali mendapat edukasi serupa,” harap Chandra. (rif)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge