01 February 2017

Tak Ingin Rute Batal Lagi, Bupati Solsel Kunjungi Kemenpar


JAKARTA, (GMn) Event tahunan Tour De Singkarak (TdS) akan kembali digelar di tahun ini. Untuk itu, Bupati Solok Selatan (Solsel), H.Muzni Zakaria didampingi Sekda, Yulian Efi mengunjungi Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata RI dengan salah satu agendanya untuk mengupayakan agar tahun ini Solsel bisa menjadi salah satu rute yang dilalui para peserta TDS.

"Tahun lalu, Solsel masuk dalam rute TDS, namun akses jalan di beberapa titik di Kabupaten Solok tidak bagus, sehingga rute ke Solsel batal digelar. Kami meminta bantuan dari Kemenpar agar jalan tersebut segera diperbaiki agar TDS bisa sampai di Solsel," kata Muzni, Rabu (1/2/2017).

Dalam pertemuan itu Muzni memaparkan potensi objek wisata yang begitu banyak dan beragam di Solsel yang dapat menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung ke Solsel.

"Sektor pariwisata menjadi fokus kami saat ini yang nantinya diharapkan dapat menunjang perekonomian masyarakat. Fokus pengembangan pariwisata yaitu objek wisata Seribu Rumah Gadang, Hot Waterboom, Tangsi Ampek, Rumah gadang panjang serta Situs PDRI dan Rumah Gadang Panjang," jelasnya.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata RI , Raseno Arya, mengatakan akan mendukung pengembangan pariwisata Solsel dan memfasilitasi perbaikan jalan nasional yang akan dilalui peserta TDS menuju Solsel dan menuju objek-objek wisata di Solsel.

"Kemenpar akan memfasilitasi penyampaian untuk perbaikan jalan ke KemenPUPR terkait perbaikan jalan Nasional menuju objek wisata serta perbaikan jalan untuk event TDS dengan rute ke Solsel pada Tahun 2017," tuturnya.

Selain itu, Raseno Arya dalam arahannya kepada Bupati mengatakan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Solsel agar sering melakukaan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata.

"Pemerintah Kabupaten Solsel agar mengajukan permohonan bantuan percepatan pengembangan pariwisata Solsel seperti penataan kawasan pariwisata, aksesibilitas parwisata dan amenitas pariwisata. Selain itu, mengajukan permohonan bantuan untuk pembinaaan pokdarwis dengan narasumber dari Kemenpar, untuk menyiapkan SDM masyarakat di destinasi wisata Solsel," katanya.

Ia menjelaskan, akan memfasilitasi bantuan renovasi cagar budaya Saribu Rumah Gadang dengan Kemendikbud serta akan menfasilitasi investor untuk masuk mengembangkan objek wisata di Solsel bila di butuhkan.

"Saya mengapresiasi Bupati karena telah serius dalam mengembangkan pariwisata di Solsel dan saya berharap agar Bupati selalu serius dalam mengembangkan pariwisata di Solsel," ujarnya. (Okt)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge