06 February 2017

Nagari Alam Pauh Duo Maksimalkan Program Pertanian

SOLSEL, (GemaMedianet.com)Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat nagari Alam Pauh Duo, pihak nagari memprioritaskan program peningkatan kesejahteraan petani. Hal ini diyakini Walinagari Alam Pauh Duo, Joni Ludianto dapat mendorong ekonomi masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai petani.

Di tahun 2017 dengan memanfaatkan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), program prioritas disamping pemberdayaan untuk meningkatkan hasil panen  bagi petani juga fasilitas infrastruktur pertanian seperti irigasi dan jalan pertanian. ”Untuk meningkatkan ekonomi, memang progam itu menjadi prioritas disebabkan pekerjaan mayoritas penduduk sebagai petani,” ujarnya Senin, (6/2/2017).

Kemudian, pihak nagari juga akan membentuk Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) melalui potensi hasil pertanian, perkebunan dan perikanan.”Program perkebunan yang telah menghasilkan adalah kebun buah naga yang ada di Jorong Pekonina yang telah dipasarkan keluar Sumbar kedepan kita akan perluas areal perkebunan rakyat jenis ini,” tandasnya.

Sehingga, setelah terbentuknya BUMNag nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebab mampu menekan tengkulak yang merugikan para petani. “Satu lagi potensi adalah dua pasar yang akan dikelola nagari yakni pasar Pakan Selasa dan pasar pekonina,” sebutnya.

Ia menyebutkan, berdasarkan data 2016, pemanfaatan Anggaran Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD terealisasi seratus persen. “Dengan total Rp840 juta bersumber dari ADD 2016, realisasi termasuk kelanjutan pembangunan kantor nagari,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik Solsel, Mukhdam menyebutkan, Kecamatan Pauh Duo jumlah rumah tangga (RT) miskin sebanyak 1.472 RT atau 46,49 persen dari jumlah RT di kecamatan itu. “Artinya jika diakumulasi secara keseluruhan. Kecamatan Pauh Duo penduduk miskin terbanyak, sebab 46,49 persen penduduknya miskin,”jelasnya.

Sementara, Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Solsel Basrial mengatakan pihaknya mencoba untuk mensinkronkan data BPS tersebut. “Saya belum bisa berkomentar banyak, selain masih baru juga pengesahan APBD 2017 belum disahkan sehingga progam belum tergambar,” katanya.(Nanda)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge