03 February 2017

KPAP Edisi Dua Sungai Pinang Wujud Kepedulian Lingkungan



PESSEL, (GemaMedianet.com) Kemah Persahabatan Anak Pesisir (KPAP) Edisi Dua kembali digelar di wilayah Kabupaten  Pesisir Selatan (Pessel). Kali ini mengambil lokasi di Kenagarian Sungai Pinang Kecamatan Koto XI Tarusan, Kamis (2/2/2017).

KPAP Edisi Dua dijadwalkan berlangsung dari tanggal 2 - 5 Februari 2017, dengan diikuti 1.400 orang peserta KPAP berasal dari Provinsi Jambi, Riau, Sumut, Bengkulu dan Sumatera Barat. KPAP yang pertama sebelumnya dilaksanakan di Sungai Nyalo pada tahun 2016.

Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Kadis Perikanan dan Kelautan, Yosmeri mengatakan, KPAP menjadi iven luar biasa sekaligus ajang promosi wisata, khususnya Pariwisata Mandeh.
Gubernur berharap, KPAP dapat bermanfaat untuk masa depan anak bangsa dalam menjalankan persahabatan anak pesisir. 

Menurutnya, memajukan wisata bahari tidak cukup dengan keindahan laut, tapi juga bawah laut. 

“Untuk itu sadar lingkungan merupakan hal pokok yang harus kita jaga, dan kedepannya anak pesisir jadi garda terdepan dalam pengembangan wisata bahari,” ulasnya.

Sementara Menko Kemaritiman menyampaikan, KPAP Edisi Dua dapat berlangsung sukses, karena merupakn pelaksanaan KPAP tingkat regional Indonesia Bagian Barat. “Sukseskan pelaksanaan KPAP dengan selalu menjaga kebersihan. Perlu diketahui, kebersihan menjadi inti dalam melaksanakan kegiatan KPAP,” terangnya.

Ia juga berharap, seluruh masyarakat di wilayah pesisir pantai untuk ikut melestarikan Penyu, karena hewan yang terancam punah ini menempati rantai makanan yang penting di lautan. 

“Kepada anak Pramuka, kenalilah ekosistem lingkungan tempat kegiatan KPAP berlangsung,” ulasnya

Turut hadir pada pembukaan acara tersebut Bupati Pessel yang diwakili Sekda Erizon, Ketua TP PKK Kab Pessel, Ny. Lisda Hendrajoni, penggagas KPAP Andianof Chaniago, jajaran SKPD, Muspika setempat, dan. 

Usai pembukaan Menko Kemaritiman yang diwakili Deputi Bidang SDM Iptek dan Budaya Maritim, Dr.Safri Burhanudin berkesempatan melakukan penanaman pohon kelapa dan pelepasan Tukik (Anak Penyu) ke pantai Sungai Pinang. (doni)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge