13 February 2017

Gubernur Irwan Prayitno Resmikan Pemakaian Kantor Rumah Bagonjong


PADANG, (GemaMedianet.com) Salah satu dampak dari gempa dahsyat 2009 yang mengguncang Sumatera Barat, adalah rusaknya sejumlah bangunan milik pemerintah, termasuk Kantor Gubernur Sumbar atau yang lebih dikenal dengan Kantor Rumah Bagonjong. Setelah 8 tahun, gedung kantor gubernur beralamat di Jalan Sudirman Kota Padang ini akhirnya kembali bisa dipakai. 

“Untuk menghargai sejarahnya, kami sepakat untuk memperkuat kembali bangunan ini,” kata Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno saat meresmikan Kantor Rumah Bagonjong, Kantor Gubernur,  Minggu (12/2/2017).

Kantor Rumah Bagonjong ini adalah bangunan modern pertama berlantai empat dengan arsitektur Minangkabau di Sumbar, dan pembangunannya dicetus oleh Kaharoeddin Datuak Rangkayo Basa tahun 1961. 

Bangunan ini disimbolkan sebagai upaya mambangkik batang tarandam, mengembalikan kepercayaan diri masyarakat Sumbar setelah peristiwa PRRI.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menambahkan, rehab bangunan “Rumah Bagonjong” dilakukan dengan sistim yang dinamai retrofit. Bangunan tidak direhab secara total tetapi dikuatkan kembali bagian-bagian yang mengalami kerusakan. 

“Dari kajian teknis, dengan sistim ini ketahanan gedung lebih kuat. Keuntungan lainnya, biaya bisa dihemat hingga Rp.40 miliar,” terang gubernur dua periode ini.

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Barat, Ali Asmar menyebutkan, pengerjaan rehab Rumah Bagonjong dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama menelan biaya sebesar Rp.4 miliar, tahap II Rp.22 miliar dan tahap III Rp.14,3 miliar. Pekerjaan rehab baru dimulai pada tahun 2014. 

“Sebelum direhab, terlebih dulu dilakukan kajian oleh tim teknis dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan dari kajian tersebut bisa dilakukan rehab dengan sistim retrofit,” terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, Hendra Irwan Rahim meminta pelayanan publik di Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dapat lebih ditingkatkan. 

“Gedung baru dengan suasana baru, ini diharapkan membawa perubahan kepada kinerja pelayanan publik. Pelayanan kepada masyarakat hendaknya mengalami peningkatan,” harapnya. 

Setelah diresmikan pemakaiannya, gubernur, wakil gubernur dan seluruh perangkat sekretariat daerah provinsi secara resmi mulai berkantor di gedung baru mulai Senin (13/2). 

Turut hadir pada peresmian Rumah Bagonjong yang masih dalam masa pemeliharaan kontraktor selama enam bulan ke depan ini, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Kapolda Sumbar, Brigjend Pol Fahrizal, Kadis Sosial Gafar S, Kadis Perikanan dan Kelautan, Yosmeri, Kepala BPBD Sumbar, Nasridal. (marah)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge