22 February 2017

Generasi Muda Solsel Diberi Pelatihan Berbasis Kompetensi


SOLSEL, (GemaMedianet.com) Pemkab Solok Selatan, Sumatera Barat berikan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) kepada generasi muda Solok Selatan (Solsel). Pelatihan diberikan dimulai dari 22 Februari sampai 13 April diikuti 48 orang, bertempat di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Padang Aro, Rabu (22/2/2017). 

Pelatihan yang diberikan dibagi dalam 3 jurusan, yaitu Pelatihan Menjahit, Tata Boga dan Las 3G, masing-masing jurusan terdiri dari 16 orang peserta.

PBK dibuka Wakil Bupati Solok Selatan H.Abdul Rahman, Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solok Selatan Hapison, Kepala BLK Padang, dan Narasumber yaitu motivator dari Padang Dede Bapaqih, SH. 

Hapison sebagai panitia pelaksana kegiatan menyebutkan, PBK bertujuan untuk menyiapkan dan menciptakan tenaga kerja yang terampil, berdaya saing dan memiiki kompetensi sesuai bakat dan kemampuan pada masing-masing kejuruan.

Dia menambahkan, bagi peserta pelatihan yang mempunyai prestasi akan diberikan kesempatan untuk magang dan bekerja di luar negeri. Di samping itu juga akan diberikan sertifikat bagi peserta yang lulus pelatihan sesuai dengan keahlian yang dimilikinya. 

Dia menerangkan, di 2017 ini Solok Selatan akan menggelar 19 paket pelatihan. Ke 19 paket kegiatan tersebut bersumber dari anggaran APBD Solsel, APBN dan aspirasi anggota DPRD Solsel.

Plh Kepala BLK Padang, Afri Damon memberi apresiasi kepada BLK Padang Aro yang aktif memberikan pelatihan kepada masyarakat Solok Selatan. Ia berharap, peserta pelatihan agar serius berlatih, kalau ke BLK untuk mencari keterampilan bukan hanya karena ada pelatihan saja. 

“Dengan berlatih di BLK akan merubah nasib dari tidak tahu menjadi tahu, dan punya skill atau keterampilan yang bisa dijadikan modal untuk membuka lapangan kerja,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Solok Selatan H. Abdul Rahman mengatakan,  pelatihan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Wabup berharap, peserta memanfaatkan pelatihan ini dengan baik, karena kebanyakan pencari kerja hanya mencari kerja ke sektor formal seperti kerja di Pemda, sedangkan kebutuhan pegawai sudah berlebih. (Okt)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge