01 February 2017

DPRD Sumbar Rekomendasikan Inspektorat Harus Dilibatkan Perencanaan Awal


PADANG, (GemaMedianet.com) DPRD Sumatera Barat melalui Komisi I DPRD Sumatera Barat merekomendasikan Inspektorat Provinsi harus dilibatkan sejak awal perencanaan di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). 

“Meski selama ini inspektorat ada diikutkan dalam pengawasan, namun kecenderungan selama ini belum berlangsung secara optimal,” ungkap Ketua Komisi I Achiar dalam rapat kerja (raker) Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat dengan Inspektorat dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Rabu (1/2/2017).

Achiar juga menegaskan sikap Komisi I, bahwa menyikapi kondisi yang ada, DPRD Sumbar mengharapkan setiap dari awal perencanaan, maka inspektorat harus dilibatkan. Tidak hanya menyerahkan begitu saja kepada pengawasan di internal OPD masing-masing. 

“Harus dari awal-awal. Sebab kalau hanya diserahkan kepada pengawasan internal atau OPD saja, itu sudah ada satu bukti (Kasus SPJ Fiktif di Dinas Prasjal Sumbar, Red). Jadi dengan masuknya inspektorat dari awal, tentu akan lebih lengkap lagi,” ulasnya.

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi I, Rahayu Purwanti. Menurutnya, harus ada rekomendasi Komisi I terkait peran inspektorat yang tidak termasuk di OPD.   

“Peranan inspektorat dari awal ini sebenarnya perlu dikemukakan dalam perencanaan di awal TAPD,” tegas Rahayu Purwanti. 

Sebelumnya Kepala Inspektorat Sumbar, Efrizal mengklaim jenjang pengawasan di tingkat OPD itu sangat ketat. Dari mulai perencanaan oleh Bappeda, RKA melalui DPKA, dan sebagainya.

“Apalagi tingkat pengawasan di OPD seperti Dinas Prasjal cukup banyak jenjangnya. Ada KPA, PPK, PPTK, verifikasi Bendaharawan, maka sebenarnya tidak ada masalah,” kata Efrizal.

Di sisi lain Wakil Ketua Komisi I, Sabrana mengingatkan BPSDM untuk memperhatikan penempatan pegawai yang telah mengikuti diklat. 

“Koordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) tentu harus terjalin, terutama dalam hal penempatan pegawai sesuai bidangnya,” pungkasnya. (mr)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge