Selasa, 21 Februari 2017

Di Padang Panjang Sampah Dapat Ditukar Dengan Sembako


PADANG PANJANG, (GemaMedianet.com) Momentum Hari Peringatan Sampah Nasional yang dilaksanakan, Selasa (21/2/2017), tak disia-siakan Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kota Padang Panjang untuk mengajak masyarakat menukarkan sampah dengan sembako. 

Hal itu bertujuan agar masyarakat peduli dengan lingkungannya serta mengedukasi bahwa sampah-sampah tersebut bernilai ekonomi. Bahkan, jika kreatif maka sampah non organik itu dapat disulap menjadi berbagai macam karya.

Walikota Padang Panjang Hendri Arnis diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Asrul mengatakan, pola hidup bersih dan sehat tentunya akan melahirkan masyarakat yang sehat dan pada gilirannya teciptalah kehidupan yang makmur. 

“Hidup bersih merupakan dambaan kita bersama, untuk itu mari kita cintai lingkungan kita, serta menjaganya agar selalu dalam keadaan bersih,” kata wako dalam sambutannya.

Menurutnya, inisiatif menuju Indonesia bebas sampah tahun 2020 terbentuk dari semangat kerelewanan dan kolaborasi dari berbagai masyarakat yang peduli mewujudkan cita cita Indonesia bebas sampah tanpa ada kepentingan suku, agama, ras golongan dan politik. Acara tersebut turut dihadiri jajaran Pemerintah Kota Padang Panjang beserta Tokoh masyarakat setempat.

Di penghujung acara, Walikota diwakili Asisten I Asrul memberikan hadiah kepada Kelurahanan terbersih yang diraih oleh Kelurahan Koto Katiak, Kecamatan Padang Panjang Barat. Selanjutnya, Asisten I Asrul meninjau acara penukaran sampah dengan sembako dan menyerahkan sembako secara simbolis kepada masyarakat. 

Untuk Plastik dinilai Rp.5500/kg ,kertas Rp.500/kg dan besi Rp.1500/kg. Semua benda-benda yang dibawa masyarakat itu dapat ditukar dengan sejumlah sembako, antara lain minyak, beras, mie instan, gula dan yang lainnya.

Menariknya, terlihat para pelajar dari tingkat SD, SLTP, SLTA turut serta berbondong bondong membawa berbagi macam sampah non organik ke acara tersebut. 

Bank Sampah Di Kota Padang Panjang

Kota Padang Panjang saat ini memiliki 6 buah Bank Sampah yang dibuka setiap sabtu, yakni Bank Sampah Kurabu di RT6 Kelurahan Ganting, Bank Sampah Sarunai di RT4 Kelurahan Ekor Lubuk, Bank Sampah Kaliki Kuniang di RT 6 Koto Panjang, Bank Sampah Sakinah di RT 2 Guguk Malintang, Bank Sampah Teratai di RT 8 Silaing Atas dan Bank Sampah Anggrek Bulan di RT 8 Kelurahan Pasar Usang. (Humas)

0 komentar:

Posting Komentar

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge

** Group Media Sumbar **