18 February 2017

Bupati Optimis Solok Selatan Capai Target Swasembada Pangan

SOLSEL, (GemaMedianet.com) Pemerintah Daerah Solok Selatan (Solsel) canangkan Gerakan Tanam Padi Serentak di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Jum’at (17/2/2017). Kegiatan tersebut dilaksanakan di lokasi Kelompok Tani Panduang Saiyo, Jorong Panduang Nagari Pakan Rabaa Tengah di lahan seluas lebih kurang 60 Ha.  

Bupati Muzni Zakaria mengatakan, target Swasembada pangan merupakan tanggung jawab bersama. “Menjadi pekerjaan rumah bagi kita bersama, (pemerintah daerah, petani, dan seluruh pihak terkait), untuk meningkatkan produksi padi, agar target tersebut dapat tercapai,” ungkap Muzni Zakaria dalam sambutannya.

Menurutnya, swasembada pangan ini merupakan mimpi yang sudah lama ingin diwujudkan oleh Pemerintah. Dan tahun 2017 ini target Swasembada pangan harus terwujud. Untuk mewujudkannya berbagai program telah digulirkan beberapa tahun terakhir. Diantaranya Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman dan Sumberdaya Terpadu (SL-PTT), semenjak tahun 2008 sampai 2014. Juga melalui peningkatan mutu intensifikasi pada tahun-tahun sebelumnya dan dilanjutkan dengan Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu ( GP-PTT ) tahun 2015 dan tahun 2016 - 2017 dilanjutkan dengan penerapan Teknologi Tanam Jajar Legowo. 

Bupati menjelaskan, sasaran produksi padi Kabupaten Solok Selatan Tahun 2017 adalah sebesar 144.748 ton dengan target tanam 30.940 Ha. Untuk mencapai sasaran produksi tersebut Pemerintah baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten telah berupaya maksimal memberikan dukungan fasilitas baik fisik maupun teknologi kepada petani seperti Cetak sawah, Perbaikan Irigasi, bantuan Sekolah Lapang berupa penerapan teknologi petanian, bantuan Alsintan.  

“Semuanya itu tentu dengan harapan tercapainya target swasembada pangan dan kesejahteraan masyarakat,” ulasnya.

Bupati Muzni Zakaria yakin produksi padi Solsel tahun ini akan mencapai target dan akan berkontribusi dalam mencapai Swasembada pangan Nasional. “Dengan kondisi yang sangat kondusif ini, ditambah dengan dukungan dari semua pihak mulai dari Pusat, Provinsi, Kabupaten, TNI AD, Camat, Wali Nagari, Gapoktan, kelompok tani dan seluruh insan pertanian, saya optimis target yang dicanangkan untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan dapat dicapai dan berkontribusi terhadap peningkatan produksi secara Nasional,” tutup bupati 

Sementara Ir. Besli MM dari Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Barat menambahkan, target Produksi Padi Sumatera Barat pada tahun 2017, adalah sebanyak 5 juta Ton dengan lahan tanam seluas 520.000 Ha.

Pada Kesempatan yang sama Dandim 0309 Solok, Letkol Inf Irwan H mengatakan, Solsel telah melaju jauh dibanding kota/kabupaten lainnya di Sumatera Barat. “Februari 2017 ini saja target tanam yang ditetapkan di Solsel sekitar 1.100 Ha, sedangkan realisasi mencapai lebih kurang 1.300 Ha. Artinya di pertengahan bulan saja sudah jauh melebihi target, yaitu sekitar 120 persen,” katanya. 

Turut hadir dalam kegiatan tanam padi serentak ini Kepala BPTP Sukarami DR. Nursiwan Hasan, Kadis Pertanian Solok Selatan Ir. Tri Handoyo, Kepala OPD se Solok Selatan, Wali Nagari dan Anggota Kelompok Tani. (Ronal/Humas)


0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge