03 February 2017

15 Orang Perempuan Solsel Terindikasi Kanker Serviks

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Perempuan Solok Selatan harus mengetahui bahaya dari kanker leher rahim (serviks). Dari 256 perempuan, sebanyak 15 orang positif mengidap pra kanker. Untuk mengantisipasi, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Solsel berupaya memberikan pemahaman pada kader dan masyarakat dengan cara melakukan pemeriksaan.

Sosialiasi dilakukan dengan cara memberikan pemahaman pada kader PKK dari tingkat jorong hingga kecamatan. “Perlu diketahui kanker serviks merupakan pembunuh nomor dua di dunia sehingga tiap wanita harus menyadarinya,”kata Ketua TP-PKK Solsel, Ny. Suriati Muzni saat sosialisasi deteksi dini serviks di aula kantor bupati setempat, Kamis (2/2//2017).

Sosialisasi juga menggandeng dinas kesehatan dan tim ahli. “Deteksi dini kanker leher rahim dapat dilakukan dengan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat),” tegasnya.

Untuk memberikan pemahaman tersebut pihaknya akan mendatangi kecamatan dan nagari dengan memberdayakan kader PKK dan Posyandu. “Kita berharap dengan adanya sosialisasi, masyarakat tidak takut lagi untuk memeriksakan diri. Disini peran suami sangat dibutuhkan, jika sayang istri ajak istri melakukan pemeriksaan,” ucapnya.

Sementara, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Solsel, Rosa Yulfiano menyebutkan wanita yang rentan terserang serviks merupakan wanita telah bersuami dengan usia 30-50 tahun. “Di 2016 kita memeriksakan 256 orang wanita menikah dan ternyata 15 orang positif lesi pra kanker,” katanya.

Untuk jumlah wanita yang telah menikah dan berusia 30-50 tahun di Solsel pihaknya belum melakukan pendataan menyeluruh, namun data sementara tercatat sebanyak 22.000 orang. “Dari jumlah itu berdasarkan kementerian kesehatan RI pihaknya ditarget 30 persen perempuan Solsel memeriksakan diri,” bebernya.

Ia menyebutkan, untuk pemeriksaan digratiskan dimana pihaknya menjalin kerjasama dengan BPJS kesehatan. “Jadi jangan takut lagi memeriksakan diri sebab selain untuk mencegah juga bebas biaya terutama bagi warga tidak mampu,” tutupnya.(nanda)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge