25 January 2017

Wisata Berbasis Masyarakat Semakin Eksis di Kota Padang Panjang



PADANGPANJANG, (GMn)Acara Petang Puisi Kubu Gadang Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur yang dinisiasi oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) desa setempat tampak semarak. Pasalnya, acara tersebut dihadiri oleh para penyair se Sumatera Barat. 

Bahkan para penyair dari provinsi tetangga seperti Riau dan Jambi juga ikut berpartisipasi pada acara yang dibuka oleh Walikota Padang Panjang Hendri Arnis, Minggu (22/1/2017).

Uniknya, acara tersebut digelar di tengah persawahan yang telah dipanen dengan panggung yang dipenuhi jerami, disisi kiri dan kanan panggung tergantung barisan puisi dari para penyair se Sumatera Barat. Para hadirin duduk di pondok menyaksikan para penyair mengekpresikan puisi nya masing masing. Dalam acara tersebut terlihat para pelajar dari tingkat SLTP/ SLTA turut ambil bagian membacakan karya karya puisi dari penyair Indonesia maupun karyanya sendiri. 

Turut Hadir pada acara tersebut perwakilan dari Kemendikbud RI Djamardjatikum Marjanto, Para Kepala OPD, Para Camat dan Lurah serta Tokoh masyarkat dan undangan lainnya.
Walikota Padang Panjang Hendri Arnis pada kesempatan tersebut juga turut membacakan puisi yang berjudul ‘Menjelang Kubu Gadang’. 

Walikota Padang Panjang dalam sambutannya mengatakan, acara tersebut sangat bermanfaat untuk pelestarian seni budaya sekaligus menggairahkan sektor wisata di Kota Padang Panjang.

“Kegiatan Petang Puisi Kubu Gadang menunjukkan kepada kita semua, bahwa para pelaku seni masih menunjukkan eksistensinya untuk memajukan Kota Padang Panjang. 

Kendati demikian, Walikota Hendri Arnis mengingatkan, agar jangan terpaku pada satu kegiatan yang jika selesai kegiatan tersebut kita merasa puas. Perlu inovasi lain, sehingga kegiatan kegiatan yang dilakukan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat dan sektor pariwisata Kota Padang Panjang, sekaligus mendukung sektor lainnya.

Menurutnya, wisata berbasis masyarakat perlu dikembangkan dan dibina dengan baik, sehingga ke depan akan bermunculan desa wisata lainnya yang berbasis masyarakat. Konsep wisata berbasis masyarakat terbukti telah mampu memajukan pariwisata di daerah lain seperti Bali, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat dan Provinsi lainnya. 

“Untuk itu, ketika acara petang puisi Kubu Gadang yang dilaksanakan oleh pengelola desa wisata Kubu Gadang Kelurahan Ekor Lubuk menunjukkan bahwa wisata berbasis masyarakat semakin eksis di Kota Padang Panjang,” ungkapnya. (Humas)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge