29 Januari 2017

Sahabat Tanah Ombak Kembangkan Kebudayaan Yang Tertinggal



PADANG, (GMn) Penampilan Sahabat Tanah Ombak binaan Yusrizal KW tidak hanya mampu memukau ratusan pasang mata yang hadir, namun aksi teatrikal itu juga mendapat apresiasi dari Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo. 

"Anak-anak yang tergabung di Tanah Ombak telah melihatkan kualitas dan keterampilan yang dimiliki. Saya kira ini suatu prestasi yang luar biasa dan harus kita dukung bersama untuk pengembangannya," sebut Walikota dalam acara yang dilangsungkan di Aula Taman Budaya Sumbar, Sabtu (28/1/2017). 

Mahyeldi menilai, anak-anak Tanah Ombak sangat berbakat dan cerdas. Apalagi untuk persiapannya diketahui hanya 15 hari latihan, namun hasilnya cukup bagus dan memukau. Banyak hal yang dapat diambil seperti pesan penting mengembalikan kehidupan anak-anak dan remaja sesuai jati diri dan budaya bangsa. 

"Mereka semua cerdas-cerdas. Tinggal bagaimana kesungguhan para pendidik dan pembinanya agar lebih sukses lagi ke depan," ungkapnya.

Mahyeldi juga menyampaikan, penampilan Tanah Ombak tersebut telah mengingatkan akan nilai-nilai historis dan budaya-budaya yang mungkin sudah mulai terlupakan di tengah masyarakat. Padahal budaya permainan anak negeri tersebut merupakan potensi yang betul-betuk menggerakkan tubuh, dengan melibatkan olah otak, kecerdasan dan fisik, sebagai pembuktian rasa kebersamaan diantara mereka. 

Menurutnya, kekompakan yang ada pada permainan anak negeri dapat menanamkan jiwa dan semangat kebersamaan. Untuk itu ke depan akan disikapi, bagaimana menghadirkan kembali permainan tradisional ke tengah-tengah masyarakat.

"Insyaallah, saya sudah meminta Dinas Pendidikan memfollow-up agar mengupayakan menggelar kompetisi permainan anak negeri di lingkungan sekolah, ataupun melalui iven-iven terkait, seperti Festival Siti Nurbaya. Sehingga hal ini menjadi bagian penting dalam rangka menjaga, dan memelihara budaya negeri. Pada gilirannya dapat membangun dan meningkatkan kebersamaan bagi generasi muda di masa yang akan datang," tukuknya. 

Di akhir kegiatan Walikota Padang menyerahkan Award kepada Sahabat Tanah Ombak (Abinaya Ghina Jamela) atas karya buku puisi "Naya Resep Membuat Jagad Raya". Sekaligus meresmikan secara simbolis Rumah Anak Pendongeng. (David/LL)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan