Saturday, January 28, 2017

Rumah Gadang Rang Padang, Keberadaannya Butuh Perhatian dan Kepedulian



Laporan : Taf Chaniago 

Aduh... Rumah Gadang Rang Padang terletak di lokasi objek wisata Pantai aìr manis, berjarak sekitar 200 meter dari lokasi okjek wisata Malin Kundang sang anak durhaka dan 100 meter dari bibir pantai air manis.

Rumah Gadang Rang Padang ini bagus sekali, karena keunikan bentuk, dan rupanya memiliki daya tarik. Tapi sayang, keberadaannya kurang mendapat perhatian dan kepedulian yang sesungguhnya. Seperti seorang isteri menunggu suami tak pulang, atau sama seperti syair lagu, Bang Thoib merantau tak pulang-pulang. 

Saat langsung menaiki Rumah Gadang yang menjadi kebanggaan Rang Padang itu, kondisinya kurang menguntungkan karena tak terawat dengan baik.

Bila kita perhatikan lantai bangunannya sudah banyak yang lapuk, harus hati-hati melangkah bila berada di atas lantai. Lengan jenjang naik tangga di bangunan kedua sudah tak ada salah satunya. Begitu juga pembatas teras bangunan, sudah banyak yang goyah pasangannya, pagar kandang lantai dasar sebagian patah-patah dan dinding bolong-bolong. 

Maka itu. hendaknya harus mendapat perhatian dan kepedulian sebab rumah Gadang Rang Padang ini mencerminkan warga Kota Padang. Kalau dapat segera lakukan renovasi dan perbaikan, kasih teras sekelilingnya, penerangan secukupnya, sekat ruangan menurut semestinya. Sehingga bangunan ini dilihat dari jauh sangat kokoh, dan gagah sendirinya.

Kedepannya, supaya dapat dipikirkan perkembangannya dan dapat dimanfaatkan rumah Gadang Rang Padang dengan baik, lengkapi fasilitasnya seperti ada kamar mandi, WC, tempat cuci pakaian, jemuran kain dan kecukupan kesediaan air. 

Bila ini sudah dilengkapi semua fasilitasnya, akan menjadi nilai tambah dan dapat menjadi pemasukan dan penambahan pendapatan daerah (APBD) Pemko Padang. Sebab di lokasi objek wisata orang akan senang dan betah tinggal sementara, bila ada tempat penginapan. Apalagi, pantai tak jauh dari lokasi berjarak sekitar 100 meter.

Kalau bisa, di lokasi itu dibuat lebih banyak bangunan Rumah Gadang Rang Padang. Bikin lebih unik dan menarik, serta letak bangunan tertata tersusun rapi dengan jarak diatur sedemikan rupa. Sehingga objek wisata Pantai air manis dan Objek Wisata Malin Kundang tambah keren untuk dikunjungi orang, tentu fasilitasnya lebih ditingkatkan. 

"Dengan cara seperti ini, Nagari Air Manis Kecamatan Padang Selatan akan terbuka sendirinya. Bahkan lokasi objek wisata yang ada, akan menjadi favorit di negeri ini ke depannya. Menjadi daerah tujuan kunjungan para wisatawan Manca Negara dan lokal".

Disamping itu, tentu warga air manis telah dapat mempersiapkan diri menerima tamu dari berbagai kunjungan ke Pantai Air Manis, dan Objek Wisata Malin Kundang, diharapkan bersikap baik, ramah, berkarakter, sopan dan bersikap santun terhadap para tamu yang mendatangi lokasi objek wisata tersebut. (*)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

Eksklusif

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge