Thursday, January 19, 2017

Giliran Bupati Pessel Resmikan Tim Satgas Saber Pungli

PESSEL, (GemaMedia.net) Upaya pemberantasan Pungli di tanah air tengah gencar-gencarnya dilakukan pemerintah dari pusat hingga daerah. Kali ini giliran Bupati Hendrajoni meresmikan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (18/1/2017). 

“Kita menyadari bahwa pungli merupakan penyakit yang sudah kronis dan dampaknya nyata sekali sehingga dapat merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa,” sebut Bupati Hendrajoni saat mengukuhkan Satgas di Ruang Rapat Bupati setempat.

Menurut Hendrajoni, komitmen pimpinan nasional untuk memberantas Pungli bagi daerah mesti ditindaklanjuti segera, sehingga sengkarut terkait maraknya pungli dapat dientaskan. Ia berharap tim yang dibentuk dapat bergerak cepat dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh.

Satgas Saber Pungli Pessel dibentuk guna menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016, tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar dan Instruksi Mendagri Nomor 180/3935/SJ Tahun 2016 tentang Pengawasan Pungli dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

“Instruksi tersebut menjadi dasar Pemkab Pessel untuk membentuk Satgas Saber Pungli, dan Pessel masuk daerah tercepat kelima di Prov. Sumatera Barat,” ujar Bupati Hendrajoni.

Berdasarkan ketentuan hukum sebut Hendrajoni, Satgas Saber Pungli memiliki empat fungsi. “Fungsi Intelijen, fungsi pencegahan dan sosialisasi, fungsi penindakan dan fungsi yustisi,” tuturnya.

Masih menurut Bupati sesuai dengan instruksi Mendagri dalam mencegah dan menghapus Pungli di kabupaten/kota, maka ada area pengawasan secara berkesinambungan terutama, dibidang perizinan, hibah dan bantuan sosial.

“Disamping soal kepegawaian, dunia pendidikan, penggunaan dana desa, serta sektor pelayanan publik, pengadaan barang dan jasa dan kegiatan lainnya yang mempunyai resiko penyimpangan yang besar”. paparnya panjang lebar.

Sementara, Ketua Pelaksana Harian Saber Pungli Waka Polres Pessel Kompol Al Jufri, mengungkapkan saatnya diciptakan kiat-kiat sesuai dengan potensi yang diperoleh dengan acuan, terutama terhadap pelayanan publik. Kerjasama dan kekompakan tim harus digerakan dengan baik, tidak ada ego sektoral, OPP Satgas Saber Pungli kabupaten Pesisir Selatan akan berantas semua Pungli tersebut.

Satgas Saber Pungli Kab.Pesisir Selatan didukung 72 orang personil dengan ketua Bupati Hendrajoni dan ketua pelaksana harian Waka Polres, serta melibatkan unsur-unsur Pemkab Pesisir Selatan (Asisten, Pol PP, Inspektorat, Dinas Inforkom, Kesbangpol,Humas dan Hukum & Ham. Jajaran Polres Pesisir Selatan (Bagian Sumda, Sat. Intelkam, Sat. Reskrim, Propam dan seksi pengawasan), jajaran Kodim 0311 Pesisir Selatan (Seksi Intel dan Dan Ramil), jajaran Kejaksaan Negeri Painan ( Kasi Intel, Pidum dan Jaksa Fungsional), jajaran Pos Denpom 1/4 Painan dan wartawan Media Ekektronik dan media Cetak.

Walaupun didukung personel yang banyak, Saber Pungli tetap terbuka dan senantiasa menerima laporan dari masyarakat Pesisir Selatan secara luas. (doni)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

Eksklusif

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge