Sunday, January 15, 2017

Bupati Hendrajoni Ajak Ninik Mamak Dukung Pemda




PESSEL, (GMn)Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menghsumpah langsung oleh Ketua KAN Pasar  Baru Kec. Badiri acara melewakan Datuak Rajo Gumayang Okta Idriadi, yang diambil ayang di Kampung Lubuk Anau Nagari Sawah Laweh, Sabtu (14/1/2017).

Ketua KAN Nagari Pasar Baru, Rapani Dt.Batuah mengatakan, sekarang ada 38 orang penghulu di bawah naungan KAN Pasar Baru, tugas sebagai penghulu harus bisa menjaga norma adat, memegang teguh saciok ba ayam sadancing babasi, contoh tauladan bagi kemenakan, kaum dan masyarakat sekaligus tahu tata cara berpakaian.

Rapani Dt.Batuah jug mengingtkan, jika ada persoalan di masyarakat jangan tegak sebelah, membina kaumnya sesuai dengan nilai budaya, adat didasari atas dasar ajaran Agama Islam.

“Penghulu yang sudah dilantik mari belajar, agar ke depan bisa membawa anak kemenakannya lebih baik dan bisa bekerjasama dengan KAN Pasar Baru,” ujarnya.

Sementara Bupati Hendrajoni, menyampaikan, penghulu yang telah diambil sumpahnya agar dapat mengayomi anak kamanakan, kaum dan masyarakat. Karena sumpah menjadi penghulu sangat berat, bahkan melebihi sumpah yang biasa diucapkan oleh pejabat.

“Penghulu adalah ujung tombak di tengah masyarakat, jadi kalau terdapat persoalan selesaikan di bawah.Jjangan terlalu cepat untuk mengambil keputusan,” ucapnya.

Di kesempatan itu, bupati juga mengajak penghulu untuk membantu pemerintah dan mendukung program pemerintah, karena pemerintah membangun tentu untuk kepentingan masyarakat.

Acara melewakan datuk tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Risnaldi, Wakil Ketua DPRD Pessel Aprial Abbas, Anggota DPRD Pessel, Asiten I, Muspika, Wali Nagari dan Ninik Mamak dari 38 penghulu KAN Pasar Baru. (rel)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

Eksklusif

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge