30 January 2017

Bangun Daerah, Bupati Hendrajoni Harapkan Dukungan Ninik Mamak



PESSEL, (GMn) Dukungan ninik mamak sangat menentukan dalam kelangsungan pembangunan daerah. Karenanya, Pemerintah Daerah akan terus menjalin komunikasi positif dan sinergis dengan para ninik mamak.

Hal itu diungkapkan Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Hendrajoni saat menghadiri pengukuhan Ajis Masrul Datuak Pado Basi, sebagai Penghulu Kaum Kampai Bendang, di Medan Baik, Nagari Kambang, Minggu, (29/1/2017).

Menurutnya, tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat, maka mustahil pemerintah bisa membangun sendiri. "Maka peran ninik mamak sangat menentukan tanpa dukungan sulit bagi Pemda untuk melaksanakan program dan kegiatan" sebut Hendra.

Bupati mencontohkan dalam hal pembangunan jalan, kendala pembebasan lahan bisa menghambat bahkan menyebabkan kegiatan urung dilaksanakan. "Bahkan, jika pengadaan tanah tidak tuntas seringkali pembangunan terlambat dikerjakan bahkan ada yang dananya tidak cair sama sekali," ujar bupati.

Acara lewa Datuak Pado Basi dihadiri seluruh Pemangku Adat Nagari Kambang, Rajo Adat, Ikek Nan Ampek, Ninik Mamak Ampek Baleh dan Ninik Mamak Limopuluah. Prosesi berlangsung meriah, Ajis Masrul Datuak Pado Basi diarak dari Pasar Kambang hingga Rumah Gadang di Bukitlintang, Medan Baik, diiringi puluhan mobil.

Penobatan Ajis Masrul sebagai ganti Datuak Pado Basi sebelumnya yang mangkat setahun yang lalu. (doni/hms)

0 komentar:

Post a Comment

KPU

KPU

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge