Sabtu, 19 November 2016

Porprov XIV Sumbar Dibuka Sekretaris Menpora



Gema Medianet, PADANG—Sekretaris Kemenpora RI, Yuni Poerwanti dipastikan hadir dan membuka secara resmi gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat ke XIV, Sabtu (19/11/2016) malam di Stadion Haji Agus salim Padang. Yuni menggantikan Menpora Imam Nahrawi yang kebetulan berhalangan hadir.


Walikota Padang, H Mahyeldi Ansharullah mengatakan, Menpora RI mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo, sehingga batal hadir di Padang.

Meski begitu, ia menjamin opening ceremony akan tetap berlangsung semarak dengan beragam kesenian dan pertunjukkan yang bakal yang bakal dipentaskan.

“Menpora RI, Imam Nahrawi memang batal membuka Porprov nanti. Pada saat yang bersamaan
Menpora mendapat tugas dari Presiden RI. Meski begitu, pihak Kemenpora tetap membuka kegiatan dengan menghadirkan Sekretaris Kemenpora,” jelas Mahyeldi didampingi Ketua V Porprov Sumbar yang juga Kadispora Padang, Suardi kemarin.

Secara umum, persiapan panitia jelang opening ceremony Sudah diangka 100 persen.

“Kita menyerahkan prosesi pembukaan, dan penutupan kepada event organizer. Dari laporan yang ada persiapan nyaris sempurna,” tambahnya.

Beragam hiburan bakal memeriahkan pembukaan pesta olahraga terakbar di Sumbar tersebut seperti pesta kembang api, tari massal, atraksi marching band terbaik Sumatera Barat dari IPDN Basi, gandang tasa serta puncaknya penampilan grup band asal Jakarta, J-Rocks.

Porprov XIV ini akan ditabuh pada Sabtu malam di GOR Agus Salim Padang. Sesuai tradisi, rangkaian pembukaan sebelumnya sudah didahului dengan prosesi pengambilan api Porprov di Nagari Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Kamis lalu.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyerahkan langsung api Porprov kepada Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah. Sebelumnya api diambil dari sumber api abadi di nagari yang dinobatkan sebagai kampung terindah di dunia tersebut. Pengambilan api dari sumbernya dilakukan oleh walinagari bersama tokoh adat setempat, lalu disulutkan di tiga obor yang telah disediakan.

Kemudian api untuk Porprov disulutkan oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dari salah satu obor, dan diserahkan kepada Wakil Gubernur, selanjutnya diserahkan lagi ke Walikota Padang. Oleh Walikota Padang kemudian diserahkan kepada Qori Mita Kurnia (pesilat peraih emas pada PON XIX ) selaku atlet pembawa api.

Menurut Wako Mahyeldi, api porprov simbol semangat para atlet dalam menghadapi pertandingan. Semangat tersebut harus tetap hidup sehingga mencapai yang terbaik di ajang porprov.

Disamping itu, selaku tuan rumah Mahyeldi bertekad pelaksanaan porprov ini adalah yang terbaik. Diwujudkan dengan pelayanan yang baik terhadap tamu dan menjunjung tinggi sportifitas. "Mudah mudahan ini yang terbaik dari yang pernah ada," ujarnya.

"Selaku tuan rumah, kami akan melaksanakan dengan baik. Memberikan pelayanan kepada kontingen. Para atlet juga agar menjunjung sportifitas," tukas Mahyeldi. (humas)

0 komentar:

Posting Komentar

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge

** Group Media Sumbar **