Jumat, 25 November 2016

Padang Raih Penghargaan Menkeu RI



PADANG, (GMn)Pemerintah Kota (Pemko) Padang menerima penghargaan dari Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati. Penghargaan bergengsi ini diraih atas keberhasilan Pemko Padang dalam Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan di tahun 2015, dengan Capaian Standar Tertinggi dalam Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah. 

Penghargaan itu diserahkan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (Kanwil Ditjen) Perbendaharaan Sumatera Barat, Supriyo yang diterima Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah dan jajaran di ruang kerjanya di Balaikota, Kamis (24/11/2016).

Supriyo mengatakan, penghargaan tersebut diperuntukkan bagi kabupaten/kota yang laporan keuangannya berhasil memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada 2015. Di samping itu, untuk memberikan motivasi kepada pemerintah daerah yang berhasil tersebut, Kementerian Keuangan RI juga memberikan Dana Instentif Daerah (DID), dengan persyaratan berdasarkan peningkatan kinerja pengelolaan keuangan, kinerja pendidikan dan kinerja ekonomi dan kesejahteraan. 

"Kota Padang telah memenuhi kriteria tersebut, sehingga juga menerima bonus DID sebesar Rp 52,7 miliar untuk tahun 2017. Semoga saja, pencapaian ini bisa dipertahankan Kota Padang selaku salah satu dari 13 kabupaten/kota di Sumbar yang menerimanya,” tukasnya.

Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah atas nama Pemerintah Kota Padang dan jajaran sangat menyambut gembira penghargaan dari Menkeu RI tersebut. Penghargaan ini menurunya merupakan buah hasil kerja keras seluruh SKPD di lingkup Pemko Padang hingga sampai meraih WTP yang kedua kalinya. 

“Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kita untuk tahun yang akan datang agar bisa lebih baik lagi. Alhamdulillah, kita juga menerima peningkatan bonus DID, dimana sebelumnya Rp 5 miliar tahun 2016 ini menjadi Rp 52,7 miliar atau lebih kurang 1000 persen peningkatannya,” terangnya.

Ditambahkannya lagi, terkait langkah-langkah dalam menjaga WTP tersebut, ia sudah menginstruksikan seluruh kepala SKPD berkomitmen menjaga WTP sesuai fakta integritas yang ditandatangani antara Walikota dengan kepala SKPD. 

Wako berharap, ke depan setiap SKPD akan terus bisa menjaga WTP-nya masing-masing. Di samping itu Kepada BPK, BPKP dan pihak terkait lainnya juga diharapkan dapat membantu Pemko Padang dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. 

"Semoga kita terus memenuhi aturan-aturan yang ada secara baik dan tepat waktu, karena ini menjadi bahagian dalam mempertahankan WTP ke depan,” imbuh Mahyeldi yang didampingi Sekdako, Asnel, Asisten III Corri Saidan, Kepala Inspektorat Andri Yulika dan Kabag Humas, Mursalim.

Sementara itu Kepala Inspektorat Kota Padang, Andri Yulika menyebutkan, WTP merupakan standar minimal yang menjadi keharusan bagi Pemko Padang berdasarkan pengelolaan keuangan secara baik dan tepat waktu. 

"Jadi Kota Padang sudah menerima WTP yang kedua kalinya. Tahun 2015 kita meraih WTP dengan paragraf penjelasan dan tahun kemarin kita naik dengan meraih WTP murni. Adapun kita di Inspektorat akan intens melakukan pembinaan, dan semua catatan dari BPK seperti saran-saran terus kita tindak lanjuti demi meraih WTP lagi di tahun depan," imbuhnya. (hms)

0 komentar:

Posting Komentar

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge

** Group Media Sumbar **